Senin

Cara mengkrimping kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau biasa di juluki (A.K.A) kabel LAN dengan menggunakan standar CAT 5 yaitu kabel dengan kemampuan transfer sampai 100 Mbps, konon kabarnya hanya bisa bekerja pada jarak maksimum 100 Meter walau saya sendiri belum pernah nyoba pasang sampe segitu panjangnya, paling panjang saya pasang sekitar 25 Meter, itu aja udah di bilang sama Master Master kenalan saya kalo datanya loss atau packet loss.Untuk contoh dibawah ini adalah urutan kabel standar, tapi kalau misalkan urutan kabel sudah tidak sama seperti gambar berarti pemasangan kabel sudah dirubah oleh pemasang. Dalam mengkrimping kabel UTP tersebut dibagi menjadi 2 jenis yaitu;


1. Crossed-Over berfungsi menghubungkan perangkat yang sama, misal PC dengan PC atau SWITCH/HUB dengan SWITCH/HUB. Walau SWITCH atau HUB keluaran sekarang yang beredar sudah banyak yang menggunakan teknologi auto negotiation, maksudnya itu SWITCH/HUB kalo dipasang kabel jenis cross atau straight sama aja bisa dipake (ga ngaruh). Untuk pemasangan kabel tipe cross ini pin yamg dipakai cuma 1,2,3,6 dan 3,6,1,2 jadi misalkan pin yang lain belum terpasang gak da masalah berikut ini contoh cara memasang kabel tipe cross.


Kalau ujung kabel dijajarkan maka akan tampak seperti gambar dibawah ini


2. Straight-Through berfungsi menghubungkan perangkat yang berbeda, misal PC dengan HUB.urutan pemasangan kabel terserah anda yang penting semua pin jika di tester nyala semua. Berikut cara pemasangan kabel tipe Straight-Through.


Kalau ujung kabel dijajarkan maka akan tampak seperti gambar dibawah ini


1 komentar:

  1. informatif blognya,.. semangat begrbagi

    senang bisa berkunjung ke blog ini
    Berkunjung juga Ke Blog Gua ya

    BalasHapus